25/08/11

TULISAN BLOG BERJALAN-efektifkah?

Sambil mendengarkan lantunan Bunda baca Qur'an, Insya Allah tulisan ini atau yang akan membawa ide tulisan ini selanjutnya selalu ingat dengan 'untuk apa kita buat blog' melainkan hanya untuk memperbaiki cara ibadah kita saja, Insya Allah. Tulisan indah, mencolok, warna background menawan memang memegang peranan penting dalam menciptakan suasana menyenangkan pada diri pembaca (atau netters?, red) selain isinya yang tentusaja diusahakan berbobot (baca: memberi manfaat bagi lebih bermartabatnya kehidupan seseorang).

Sebelum lebih jauh mengembangkan kreasi dengan design blog, ada beberapa catatan yang perlu diingat, antara lain :

  1. Design blog bukanlah satu-satunya yang membuat orang tertarik mengunjungi blog kita.
  2. Membuat design, pada orang-orang tertentu akan sangat mengasyikkan sehingga lupa memperhatikan lingkungan sekitar, bahkan dapat membuat orang terjerumus melalaikan kewajibannya.
  3. Ketika tulisan yang lain diam, tulisan bergerak akan membawa mata pembaca segera tertuju kearah tulisan tersebut. Jadi, berikanlah pesan yang humanis dan mendidik disitu agar memberi pengaruh yang baik pada psikologis pembaca. Menyenangkan, menenangkan, memuliakan pembaca, begitu maksudnya.
  4. Kita bebas berkreasi dengan tulisan tersebut sesuai tujuan pembuatan blog dan gaya kreatif kita masing-masing. Pikiran-pikiran organis (berangkat dari ide sendiri, red.)sangat dibutuhkan dalam hal ini.
  5. Tetaplah update tulisan anda, tidak perlu terlalu asyik di design kecuali anda memang ingin menekuninya.
  6. Jangan biarkan pembaca dengan modem dan kartu yang 'tulalit jalannya'  menjadi gagal melihat blog kita hanya gara-gara design yang kapasitas memorinya berat shingga jendela lambat dibuka.
  7. Nuansa awal yang indah dan menyenangkan ketika membuka jendela blog kita akan menentukan pula lama tinggal pembaca dalam bergaul dengan aneka tulisan kita.
  8. Banyak rumus ditawarkan dari para pegiat dunia maya, pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  9. Orang kreatif akan menghargai kreasi orang lain dan yakin kreasinya pasti selalu ada yang menghargai, apapun hasilnya.
Kembali ke urusan tulisan berjalan tersebut, inipun hal baru bagi saya. Saya pernah hampir setahun disuguhi blog dengan tulisan berjalan tetapi nggak pernah mau bertanya gimana cara membuatnya meskipun orang tersebut sudah sangat saya kenal. Malu saja untuk bertanya waktu itu karena "belum punya blog" meskipun anak-anak saya juga sudah punya blognya masing-masing, bahkan punya lebih dari satu alamat. Ingin lebih baik supaya dapat memberikan sesuatu yang lebih baik bagi siapapun, itulah yang mendorong saya belajar sendiri kepada para sesepuh blog yang udah eksis duluan dan rela hati memberikan ilmunya dari blog atau web yang mereka miliki. Akhirnya ya jadilah blog kreatif saya tersebut.

Sebenarnya gerakan teks dalam blog dapat dibuat roll down/jalan menurun, naik, kekiri, ke kanan dll., dengan script/ bahasa penuntunnya masing-masing. Suatu saat barangkali kita perlu kenal lebih jauh bahasa javascript, html, xml dll. untuk dapat memanfaatnya secara optimal. He..he...he... saya masih zero untuk hal itu. Jadi, salah anda sendiri kalau menganggap saya pintar ndesign blog karena sebenarnya 'masih lebih banyak nirunya alias ambil templatenya'. Bosen dengan pengantarnya, mari kita langsung bicara teknis siap pakainya saja. Begini :

Membuat teks berjalan dalam blog atau running text. Yang perlu kita lakukan :
1. Buka blog kita melalui URL yang kita punyai.
2. Click "masuk" hingga kita masuk design template blog kita.
3. Click "Rancangan" hingga masuk design Tambah dan Susun Elemen Laman
4. Click "Tambah Gadget" dan kemudian pilih click "+Teks"
5. Masuklah ke laman konfigurasi teks, click "edit html" kemudian copy script berikut dan tempelkan pada kotak utama untuk isi atau konten (kotak yang besar):

<marquee direction="left" scrollamount="3" style="font-size: 16pt; color: rgb(0, 0, 153); font-family: Tahoma;" bgcolor="#E725B3" width="850" height="35"> <div align="center"><a href="http://wungkalbener.blogspot.com/">Blognya Orang Biasa...Cah nDesa Mbangun Pendidikan...Insya Allah dikuatkanNya...</a></div></marquee>
6. Kemudian click "SIMPAN", masuk laman 'Tambah dan Hapus Elemen Laman' lagi, kemudian click "SIMPAN" pada bagian kanan atas.
7. Kemudian click "Lihat Blog", maka lihatlah hasilnya.
8. Belum puas dengan posisi running text, maka geser aja gadget 'running text' ke posisi yang kita kehendaki, misalnya di bawah gadget 'Judul Blog'
9. Bukti bila anda kreatif, ya mnimal gantilah script yang berwarna merah tersebut dengan "TEKS YANG HENDAK ANDA MUNCULKAN"

Selamat berbenah, and so sweet.
Insya Allah teks yang anda tuliskan sangat organik atau berangkat dari ide brilian anda sendiri. Minta saran teman juga boleh kok supaya lebih ada nuansa 'gotong royong dan ramah teman".

Sebenarnya jenis huruf, ukurannya, warnanya dan warna background serta ukurannya juga mudah aja diubah dengan mengenal COLOR CODEnya. Coba cari guru di dunia maya untuk hal tersebut lewat browsing, banyak kok yang pasang ilmu tersebut. Atau terpaksanya bagi yang males usaha, click aja tautan/link terkait yang saya sediakan di blog BIJAK BESTARI punya saya. Cari aja situ dengan coba-coba dan temukanlah. Semakin rajin semakin cepat pintar. Kreatif, kreatif dan kreatif.

4 komentar:

  1. mantap pencerahannya pak Bima #sungkem

    BalasHapus
  2. bar ngopi joss jadi langsung terang #sabar sawetoro

    BalasHapus
  3. jadi lebih mudah, terimakasih sekali-sangat membantu saya.

    BalasHapus