06/08/11

RAHASIA PENULIS KREATIF (1)

Setiap tulisan pasti mengandung ide sehingga hanya yang punya ide saja yang dapat menulis. Darimanapun datangnya ide, tidak masalah itu. Pokoknya pakai semua indera yang dikaruniakan kepada kita olehNya. Hal ini juga merupakan bentuk syukur atas karuniaNya dengan catatan 'tidak berlebihan' supaya nggak cepat aus. Manfaatkan juga dengan cara-cara yang tepat.


Tidak perlu memaksa mata didepan komputer atau membaca tulisan terus menerus. Alam yang indah, wajah-wajah yang cakep dan embun yang menempel didedaunan juga perlu bagi kesehatan mata kita. Sinar mentari yang sejuk dan menghangatkan mungkin juga sebagai dosis kecocokan mata kita sebagaimana sapuan angin yang tidak menjadikan kita 'masuk angin'. Banyak-banyaklah minum air putih karena semakin mata kita konsentrasi akan menjadikan penguapan air tubuh bertambah, bahkan tetesan air mata yang lelah harus dimaknai sebagai mata ingin istirahat dulu, capekkk.

Lamunan dan impian yang tidak dibatasi ruang dan waktu dapat pula sebagai sumber inspirasi. Rangkaian masa lalu, masa kini dan yang akan datang merupakan sumber tulisan model sejarah atau biografi. Dari tulisan bercorak kronologis akan mampu mengajak pembaca dalam sebuah rangkaian sebab akibat yang dari hal tersebut tersimpan sebuah hikmah dari suatu kejadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar