18/08/11

MEMBACA dan MENCATAT KREATIF (3) - membaca benda oleh orang dewasa

Sekarang saatnya orang dewasa membaca suatu benda, apapun benda itu. Tentunya berbeda dengan pembacaatn oleh anak-anak karena orang dewasa sudah cukup banyak memiliki informasi, pengalaman dan pengetahuan terhadap benda yang menjadi obyek tulisannya. Hal tersebut cukuplah untuk memperkaya tulisan yang akan dibuat.
>>> Ayam dan Kandangnya
Berkait dengan tulisan tentang 'pena' sebagaimana terdapat dalam tulisan MEMBACA dan MENCATAT KREATIF (2), dapat dikembangkan kesana kemari. Dengan informasi misalnya, dapat dikembangkan dengan darimana pena tersebut diperoleh, harganya, cara pembayarannya, perjalanan memperolehnya, toko yang menjualnya, orang yang memberikannya, waktu pengadaannya dan hal-hal menarik yang lain. Pengembangan melalui pengalaman dapat saja berupa : apa yang pernah terjadi pada pena tersebut dan bagaimana terjadinya, siapa saja yang pernah memanfaatkannya, pernah digunakan untuk menulis apa saja dan bagaimana hasilnya dll. Menyangkut pengetahuan/ pemahaman kita atas pena tersebut dapat dicari dari pemahaman kita sendiri selama ini maupun eksplorasi pengetahuan orang lain dari hasil bertanya, membaca pustaka, menelusuri internet dll. Apapun dapat kita lakukan untuk mengembangkan tulisan tersebut secara kreatif.

Cobalah dan jangan anda terkejut dengan hasilnya. Siap-siap saja untuk menerima predikat baru sebagai PENULIS.

Selamat, Insya Allah berhasil dan biarkan teman anda membacanya, mengomentarinya kemudian jadikan itu sebagai masukan berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar