18/08/11

MEMBACA dan MENCATAT KREATIF (1) - mencermati tulisan

Banyak orang kesulitan menulis, itu pengakuan umum. Tetapi kalau kesulitannya membaca dan mencatat, nah baru tidak umum. Lulusan SD pun mampu membaca dan mencatat tetapi sering tak efektif. Kenapa begitu? yach karena seringkali hanya menghabiskan waktu dan kertas. Semua itu terjadi akibat rendahnya kecepatan kita menangkap ide dari sebuah tulisan. Yang dibutuhkan hanya latihan mensarikan, itu saja.

Sering membaca aneka buku akan memudahkan kita memahami ide tulisan seseorang, dimana setiap penulis memiliki kekhasan masing-masing dalam meletakkan ide pokok. Pengantar dan pendahuluan biasanya dapat menjelaskan ide besar sebuah buku dng daftar isi yang menjelaskan logika proses penuangan pemikiran penulis tersebut. Hal itupun terjadi dalam sebuah artikel dimana ide pokok berada pada awal paragraf atau justru akhir sebagai penguat ide. Badan tulisan dalam bentuk paragraf biasanya mengandung satu ide saja yang merupakan turunan atau jabaran ide utama. Lalu mengapa lembar catatan kita tetap dipenuhi tulisan? itu menunjukkan bahwa kekuatan membaca kita belum dapat mensarikan sebuah artikel dalam sebuah kalimat atau bahkan kata (masih bingung menemukan 'kata kunci'). Itu semua butuh latihan dan keberanian untuk menyimpulkan.

Cobalah sekarang mulai belajar untuk membuat intisari artikel dengan pola satu paragraf menjadi 5 kata, 3 kata, dan akhirnya satu kata.  Lakukan hal ini hingga setiap paragraf diintisarikan. Buanglah artikel yang sudah anda baca, kemudian buatlah tulisan yang menjelaskan artikel tersebut dengan bahasa anda sendiri dalam satu paragraf. Berhasilkah?! lakukan terus dengan artikel yang lain hingga anda terbiasa dengan kata kunci. Ketika kita sudah mampu membuat satu kalimat yang melibatkan kata-kata kunci tersebut, berarti anda sudah OK.

Selamat mencoba! Insya Allah sukses sehingga tak perlu lagi kita habiskan pepohonan demi kertas berlembar-lembar. Bumi tetap hijau dan udara segar tetap mudah kita dapatkan.

---------------------------
Yang ini ada juga resep dari mas Noerr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar